Cara Mudah Membersihkan Laptop Sendiri

Laptop seperti benda kedua yang paling sering terlihat bersama orang-orang selain Handphone. Karena merupakan benda yang penting, tentu kita akan menjaganya dengan hati-hati dan merawatnya.



Laptop sangat mudah kotor karena sering digunakan, terutama bagian fan atau kipas. Karena sering kotor menjadikan laptop cepat panas ketika digunakan, oleh sebab itu perlu dibersihkan.

Banyak kerusakan yang terjadi akibat kondisi laptop kotor dan tidak terawat. Selain soal bagian dalam laptop yang harus dijaga agar tidak kotor sehingga membuat boros penggunaan baterai, performanya turun seperti lemot atau lambat, panas, dan sebagainya.


Untuk menjaga laptop tetap bersih, kita bisa menggunakan beberapa langkah dibawah ini.

Membersihkan Bagian Keyboard Laptop

Keybioard kotor mengakibatkan tombol huruf menjadi tidak nyaman digunakan. Kadang-kadang juga dapat mengakibatkan karakter huruf tidak timbul saat tombol ditekan. Untuk membersihkan bagian keyboard bisa dengan bantuan sikat gigi atau kuas cat.

Bersihkan dengan cara menyikat sela-sela keyboard secara hati-hati. Akan lebih baik ketika anda menambahkan vacuum cleaner untuk membersihkan debu-debu yang terselip diantaranya.

Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Dibagian dalam laptop biasanya yang paling jarang terjamah saat dibersihkan, terutama bagian kipas. Karena biasanya disinilah banyak kotoran menempel. Pada saat berputar, kipas akan menyedot kotoran-kotoran di sekitarnya.


ketika kotoran sudah menumpuk, putaran kipas makin berat. Padahal fungsi kipas ini sangat vital karena harus membuat suhu didalam laptop tetap terjaga, dengan demikian bekerja dengan prima.

Untuk membersihkan bagian fan, kita bisa membuka bagian belakang laptop dengan obeng yang pas ukurannya. Gunakan sikat berujung halus atau kuas cat untuk menyapu bagian dalam laptop yang kotor. Tapi hati-hati, jangan terlalu ditekan dalam membersihkannya, karena hawatir akan mengganggu komponen Motherboard.

Membersihkan Port Yang Kotor

Colokan port seperti USB, LPT1, dan lainnya juga bisa berpotensi kotor, beberapa bahkan ada yang bisa mengakibatkan korsleting. Dan perlu dibersihkan untuk menjaga performa laptop kita tetap maksimal. Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan kain, kuas lembut atau cotton bud.



Nah daripada laptopmu rusak karena cara pemakaian yang jorok, membersihkan laptop merupakan pilihan terbaik agar benda yang paling sering kita gunakan tetap memiliki kualitas yang prima dari tahun ke tahun. Semoga bermanfaat ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »